ANALISIS KUALITAS PRODUK DENGAN
METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
Siti Rohana Nasution
Abstrak
METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT
Siti Rohana Nasution
Abstrak
Peningkatan mutu produk atau jasa perlu diperhatikan perusahaan terutama kesesuaian produk atau jasa sesuai kebutuhan konsumen. Pihak pengembang hendaknya mengerti bahasa pelanggan dan menerjemahkannya kedalam bahasa teknik. Kesulitan dalam mengadakan pendekatan terhadap pengembangan suatu produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan dan harapan pelanggan dapat diatasi menggunakan metoda QFD (Quality Function Deployment). Metoda Quality Function Deployment adalah suatu metodologi yang mampu menerjemahkan kebutuhan dan keinginan pelanggan ke dalam suatu rancangan produk atau jasa yang memiliki persyaratan teknik dan karakteristik kualitas tertentu. Variabel penelitian ini adalah karakteristik keinginan dan kebutuhan pelanggan terhadap kualitas pelayanan pengadaan produk atau jasa, karakteristik aspek-aspek kualitas pelayanan, dan karakteristik perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggan menginginkan adanya kepercayaan dapat memenuhi keinginan pelanggan, kepekaan sales dalam penerimaan keluhan maupun pengaduan terhadap kebutuhan informasi, kecepatan & ketepatan melakukan estimasi harga dan waktu pengiriman barang, Kecepatan dalam menyelesaikan keluhan pelanggan Karakteristik-karekteristik teknik dapat dijadikan sebagai prioritas pengembangan produk .
Kata kunci: QFD, voice of customer, house of quality, technical response.
Isi selengkapnya dari Jurnal ini dapat dipesan dengan menghubungi
no.telp: (021)-7864730 ext.30
atau email ke: teknik_industri@univpancasila.ac.id / teknikindustri.ftup@gmail.com
Kata kunci: QFD, voice of customer, house of quality, technical response.
Isi selengkapnya dari Jurnal ini dapat dipesan dengan menghubungi
no.telp: (021)-7864730 ext.30
atau email ke: teknik_industri@univpancasila.ac.id / teknikindustri.ftup@gmail.com
0 comments:
Post a Comment