19 Nov 2009

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI BENGKEL SERVIS MOBIL TRIJAYA BAN 83 JAKARTA

.

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN
DI BENGKEL SERVIS MOBIL TRIJAYA BAN 83 JAKARTA

.

Latifah Dieniyah, Wanda Maulia Erwin

.

Abstrak

Jenis usaha bengkel servis mobil makin bermunculan di kota-kota besar seperti Jakarta. Salah satunya Trijaya Ban 83, adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif khususnya penjualan barang dan penyedia jasa bengkel servis mobil di Jakarta. Dengan memberikan pelayanan terbaik Trijaya Ban 83 berusaha untuk memenangkan persaingan dari perusahaan lain yang bergerak di usaha sejenis yaitu dengan cara memuaskan para pelangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengathui sejauh mana tingkat kualitas pelayanan yang diberikan oleh Trijaya Ban 83 dengan menggunakan metode SERVQUAL. Analisis perbaikan kualitas layanan dilakukan menggunakan Importance-Performance Matrix. Hasil penelitian menunjukan pada Kuadran I (Focus Improvement) terdapat 5 butir atribut yaitu : janji, mencatat data pelanggan, memahami kebutuhan, kenyamanan fasilitas dan layout/tata letak, yang harus diperbaiki/ditingkatkan kinerjanya. Pada Kuadran II (Maintain Performance) terdapat 8 butir atribut yaitu : mekanik profesional, jasa/servis yang tepat, waktu servis, pelayanan cepat, rasa percaya, sistem pembayaran, sopan, dan peralatan, yang harus dipertahankan kinerjanya, Pada Kuadran III (Medium-low Priority) terdapat 9 butir atibut yaitu : informasi waktu, kesediaan membantu, memberi saran, sigap, senyum, mampu menjawab, perhatian individual, penuh perhatian, dan pelanggan sebagai raja, yang harus dipertimbangkan kembali atau tidak perlu dilakukan peningkatan kinerjanya. Pada Kuadran IV (Reduce Emphasis) terdapat 4 butir atribut yaitu : garansi, waktu operasi, penampilan karyawan dan lokasi, yang harus dipertimbangkan kembali untuk dilakukan peningkatan atau bahkan harus dikurangi kinerjanya.

.

Kata kunci : Bengkel Servis Mobil, Tingkat kepuasan Pelanggan, SERVQUAL (Service Quality), Importance - Performance Analysis

.

Isi selengkapnya dari Jurnal ini dapat dipesan dengan menghubungi no.telp: (021)-7864730 ext.30 atau email ke: teknik_industri@univpancasila.ac.id/teknikindustri.ftup@gmail.com
About Unknown

Pellentesque penatibus, sed rutrum viverra quisque pede, mauris commodo sodales enim porttitor. Magna convallis mi mollis, neque nostra mi vel volutpat lacinia, vitae blandit est, bibendum vel ut. Congue ultricies, libero velit amet magna erat. Orci in, eleifend venenatis lacus.

You Might Also Like

0 comments:

Post a Comment

Pages